Minggu, 24 Oktober 2010

Seminar Nasional HMTG dr.bumi Undsoed

        Mahasisiwa teknik geologi unsoed telah berhasil mengadakan studium general yang di ikuti berbagai kalangan se-indonesia baik dari mahasiswa teknik geologi yang ada di Indonesia sampai dari kalangan praktisi dan ahli-ahli geologi indonesia sangat berantusias sekali untuk bisa menghadiri acara seminar nasional ini.  itu terlihat beberapa participant yang datang tepat waktu sebelum acara dimulai. Acara studium general ini bertema Kajian Potensi dan Strategi Pemanfaatan Sumberdaya Alam Geologi di Banyumas dan Sekitarnya” dan  merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi ‘dr. Bumi’ Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto periode 2010/2011. 
       Acara ini dilatar belakangi oleh semakin menipisnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seiring dengan kebutuhan masyarakat yang semakin banyak  dan peluang-peluang untuk mengekplorasi sumberdaya alam Indonesia yang masih banyak tersedia. Untuk itu mahasiswa teknik geologi unsoed berinisiatif untuk mengadakan pembahasan lebih lanjut mengenai peluang-peluang sumberdaya alam, dalam hal ini mahasiswa teknik geologi unsoed mengundahng beberapa ahli geologi indonesia dan para mahasiswa dari berbagai jurusan untuk membahas hal ini. Tujuan di adakan acara ini ialah  memberikan kesadaran bahwa perlu usaha-usaha terkait untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya alam yang ada di sekitar Cekungan Banyumas, mengajak semua kalangan terkait  untuk lebih memahami tentang potensi Cekungan Banyumas untuk masa yang akan datang dan yang terakhir adala h memberikan sarana bagi semua kalangan untuk dapat saling bertukar ide, gagasan dan sumbangsih pemikiran dalam kerangka pola pikir tentang prespektif Cekungan Banyumas.
          Dalam acara ini, sebagai pembicara pertama ialah dr. A Sukhyar yang memberikan pemaparan tentang acara ini. Pembicara kedua ialah Ibu Emmy Suparka yang membahas tentan g gambaran secara umum potensi sumberdaya geologi banyumas dan sekitarnya, lalu dilanjutkan lagi oleh Prof. Dwikorita Karmawati  yang membahas pengkajian potensi bencana alam geologi banyamas dan sekitarnya dan dikusi selanjutnya sebagai pembicara ialah Prof. Sari Bahagiarti K. MSc yang mengkaji potensi hidrogeologi banyumas dan sekitarnya. 
         Kemudian acara kedua ialah diskusi panel yang terdiri dari dua sesi, sesi diskusi panel pertama membahas tentang optimalisasi potensi sumberdaya mineral dan strategi pemanfaatannya dalam menghadapi perspektif dunia usaha dengan  pembicara Dr. Hamdan Zainal Abidin, M.Appp.Sc dan Ir.Hari Widjajanto,M.M dan rangkaian acara terakhir ialah diskusi panel kedua dengan pembiacara dari Ikatan Alumni Geologi Indonesia yaitu Dr.Andang Bachtiar dan Ir.Awang Harun Satyana yang membahas tentang kajian lanjut potensi migas di cekungan banyumas dan sekitarnya. Setalah rangkaian acara berlangsung para participant bersiap-siap untuk acara berikutnya yaitu eksursi ke cipari dan gumelar yang diadakan keesokan harinya. Semua Acara ini di sponsori oleh berbagai pihak diantaranya ialah  bp migas company , Aneka Tambang Company , GDA Consulting, Himpunan Ahli Geofisika  Indonesia , Masyarakat  Geologi Ekonomi Indonesia, MedcoIndonesia company, GEO DIPA Energi company, PT  Exploration Think Tank Indonesia, VICO Indonesia company dan sebagai media partner ialah SCTV dan Kompas. Penulis : Ilham Zaki Pangestu    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong di koment yah,...mksh,, :)