Jumat, 28 Januari 2011

Kuliah Umum dan Ekskursi pengambilan sampel BLEG di Gumelar

Salam Geologi,
       Pada hari sabtu dan minggu tanggal 22-23 januari 2011 diadakan acara kuliah umum dan ekskursi yang dielanggarakan oleh  PT Antam dan HMTG dr. bumi Unsoed dengan pembicara bapak bronto sutopo dari newmont explorasi dan bapak iwan munajat dari medco mining dan sebagai ketua MGEI ( Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia ). Acara kuliah umum diadakan di kampus Unsoed purbalingga dan ekskursi pengambilan sampel bleg dilakukan di pertambangan emas rakyat di gumelar.
      Kuliah umum ini menyampaikan tentang terori dan praktek dari pengambilan sampling dengan cara BLEG dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengambilan sampel. Bulk Leach Extractable Gold, lebih sering disingkat menjadi BLEG adalah geokimia sampeling / alat analisis yang digunakan selama eksplorasi emas Ini dikembangkan pada awal tahun 1980 untuk menangani masalah yang berkaitan dengan emas secara akurat mengukur berbutir halus, dan berurusan dengan masalah yang terkait dengan heterogenitas sampel. BLEG ini biasa dilakukan seorang geologist dalam pengambilan sample sebelum mengeksplorasi emas yang terkandung disuatu daerah dan BLEG sampling ini dapat digunakan untuk mewakili suatu daerah yang luas kurang lebih 20-30 km pada suatu DAS. Manfaat pengambilan sample BLEG yaitu lebih efesien karena dapat mewakili suatu daerah yang luas, murah, cepat, tingkat akurasinya lebih tinggi, dan masih banyak lainya. Dalam BLEG sampling ini hal yang harus diperhatikan ialah, quality kontrol dalam pengambilan sampling, jauh dari penduduk atau daerah remote area, pengambilan sample kurang lebih min 2-5 Kg, saat pengambilan sample tidak boleh memakai bahan logam, suatu daerah belum terkena kontaminasi suatu zat lain.
     Pada hari kedua ialah praktek dari semua teori-teori yang sudah diberikan pada kuliah umum. Beberapa tahap yang dilakukan dalam BLEG sampling ialah;
    1. Mengambil sample batuan yang berbutir halus di sepanjang sungai, dapat dilakukan di tepi sungai, di bawah batuan yang sudah tertransport, di tengah-tengah sungai. Dalam hal ini, yang harus diperhatikan yaitu tidak boleh mengambil sample di dekat outcrops dan bekas longsoran dari bukit. yang kita ambil dari sample ini murni butir emas yang telah tertransport dari hulu. 
    2. Pengambilan sample harus berpindah-pindah tempat dan dilakukan sampai minimal jarak pengmbilan sample 1 km dan pengambilan sample sebanyak mungkin sampai menghasilkan 2-5 Kg sample BLAG.
    3. Setelah sample yang masih berupa campura batuan berbutir kasar dan halus didapatkan. Maka dilakukan penyaringan atau pemisahan atara batuan yang berbutir halus dan berbutir kasar dengan menggunakan saringan yang memiliki mesh minimal 200. penyaringan dilakukan sampai sample yang didapatkan hanya sample berbutir halus. 



          4. Setelah sample benar-benar batuan yang berbutir halus. kemudian dilakukan pemisahan antara air dan 
              lumpur atau batuan yang berbutir halus dengan cara mencampurkan lumpur dengan larutan magnaflog
              dengan konsentrasi 10% kemudian kocok lumpur bersama laurutan magnaflog sampai lumpur tersebut
              menggumpal.


            5. Kemudian, air yang sudah terpisah dibuang sampai hanya tersisa lumpur yang sudah menggumpal.
                Lalu lumpur tersebut disaring dengan menggunakan kain agar airnya terpisah dan tersisa hanya batuan
                butir halus. dan itulah sample itulah yang dinamakan BLEG sampling.






          Itulah yang dinamakan BLEG sampling, sebelum melakukan eksplorasi emas pada suatu daerah. dari hasil BLEG sampling akan dibawa ke laboraturium kemudian di indentifikasi. BLEG sampling berguna untuk mengetahui kandungan emas pada suatu daerah dan mengetahui letak source rock dari emas tersebut.
         Sekian,, dan terima kasih kepada bapak bronto sutopo, bapak iwan, bapak bowo yang sudah memberikan ilmunya kepada kami sumua mahasiswa unsoed dan terima kasih juga kepada PT Antam dan MGEI yang telah memberikan support untuk terlaksananya acara ini.
    ( Penulis : Ilham Zaki, Humas HMTG )

    3 komentar:

    effendi mengatakan...

    Bagus dan sangat informatif khususnya untuk masyarakat tambang

    percetakan kewes mengatakan...

    bagi yang berminat investasi di pertambangan emas di kecamatan gumelar, saya ada lahan untuk disewakan hubungi 02817666447 atau 085865114447

    Unknown mengatakan...

    Luarbiasa, sangat bermanfaat trimakasih admin

    Posting Komentar

    Tolong di koment yah,...mksh,, :)